Jumat, 10 Februari 2012

TENTANG NUR MUHAMMAD

APAKAH NABI SAW MAKHLUK ALLAH YANG PERTAMA?

Pertanyaan:

Benarkah bahwa Nabi Muhammad saw. makhluk Allah yang pertama dan bahwa beliau diciptakan dari cahaya? Kami  mengharapkan  pendapat  yang disertai dalil-dalil dari Al-Qur'an dan As-Sunnah.



Jawab:

Telah diketahui  bahwa  hadis-hadis  yang  menyatakan  bahwa makhluk  pertama  adalah  itu  atau  ini ... dan seterusnya, tidak satu pun yang shahih, sebagaimana ditetapkan oleh para ulama Sunnah.

Oleh  karena itu, kami dapatkan sebagian bertentangan dengan sebagian  lainnya.  Sebuah  hadis  mengatakan,  "Bahwa  yang pertama kali diciptakan oleh Allah adalah pena."

Hadis  lainnya  mengatakan,  "Yang  pertama  kali diciptakan Allah adalah akal." Telah tersiar di antara orang awam  dari kisah-kisah   maulid   yang   sering   dibaca   bahwa  Allah menggenggam  cahaya-Nya,  lalu  berfirman,  "Jadilah  engkau Muhammad."   Maka   ia  adalah  makhluk  yang  pertama  kali diciptakan Allah, dan dari situ diciptakan langit, bumi  dan seterusnya.

Dari itu tersiar kalimat:

"Shalawat   dan   salam  bagimu  wahai  makhluk  Allah  yang pertama," hingga kalimat itu  dikaitkan  dengan  adzan  yang disyariatkan, seakan-akan bagian darinya.

Perkataan itu tidak sah riwayatnya dan tidak dibenarkan oleh akal,  tidak  akan   mengangkat  agama,   dan   tidak   pula bermanfaat bagi perkembangan dari peradaban dunia.

Keawalan  Nabi  Muhammad  saw.  sebagai  makhluk Allah tidak terbukti,  seandainya  terbukti  tidaklah  berpengaruh  pada keutamaan  dan  kedudukannya  di  sisi  Allah. Tatkala Allah Ta'ala  memujinya  dalam  Kitab-Nya,  maka  Allah  memujinya dengan alasan keutamaaan yang sebenarnya. Allah berfirman:

"Dan   sesungguhnya  kamu  benar-benar  orang  yang  berbudi pekerti agung" (Q.s. Al-Qalam: 4).

Hal itu yang terbukti dan ditetapkan secara mutawatir.  Nabi kita  Muhammad  saw.  adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muththalib Al-Hasyimi Al-Quraisy  yang  dilahirkan  lantaran kedua orang tuanya, Abdullah bin Abdul Muththalib dan Aminah binti Wahb, di Mekkah, pada tahun Gajah.  Beliau  dilahirkan sebagaimana  halnya manusia biasa dan dibesarkan sebagaimana manusia dibesarkan. Beliau diutus sebagaimana para Nabi  dan Rasul  sebelumnya  diutus,  dan  bukan Rasul yang pertama di antara Rasul-rasul.

Beliau  hidup   dalam   waktu   terbatas,   kemudian   Allah memanggilnya kembali kepada-Nya:

"Sesungguhnya  kamu  akan  mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula)." (Q.s. Az-Zumar: 30).

Beliau akan ditanya pada hari Kiamat, sebagaimana para Rasul ditanya:

"(Ingatlah)  hari  di  waktu  Allah mengumpulkan para Rasul, lalu Allah bertanya (kepada  mereka),  'Apa  jawaban  kaummu terhadap   (seruan)mu?'  Para  Rasul  menjawab,  'Tidak  ada pengetahuan kami (tentang itu) sesungguhnya Engkau-lah  yang mengetahui perkara yang gaib'." (Q.s. Al-Maidah: 109).

Al-Qur'an  telah  menegaskan  kemanusiaan  Muhammad  saw. di berbagai tempat dan Allah memerintahkan menyampaikan hal itu kepada orang-orang dalam berbagai surat, antara lain:

"Katakanlah,  'Sesungguhnya  aku  ini  hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukann kepadaku, Bahwa  sesungguhnya Tuhan  kamu itu adalah Tuhan yang Esa ...'." (Q.s. Al-Kahfi: 110).

"Katakanlah, 'Maha Suci  Tuhanku,  bukankah  aku  ini  hanya seorang manusia yang menjadi Rasul?'" (Q.s. Al-Isra': 93).

Ayat di atas menunjukkan bahwa beliau adalah manusia seperti manusia-manusia  lainnya,   tidak   memiliki   keistimewaan, kecuali dengan wahyu dan risalah.

Nabi saw. menegaskan makna kemanusiaannya dan penghambaannya terhadap Allah,  dan  memperingatkan  agar  tidak  mengikuti kebiasaan-kebiasaan  dari  orang-orang  sebelum  kita, yaitu penganut  agama-agama  terdahulu  dalam   hal   memuja   dan menyanjung:

"Janganlah   kamu  sekalian  menyanjungku  sebagaimana  kaum Nasrani menyanjung Isa putra Maryam. sesungguhnya aku adalah hamba Allah dan Rasul-Nya." (H.r. Bukhari).

Nabi  yang  agung ini adalah manusia seperti manusia lainnya dan  tidak  diciptakan  dari  cahaya  maupun  emas,   tetapi diciptakan  dari  air  yang  memancar dan keluar dari tulang sulbi  laki-laki  dan  tulang  rusuk  wanita  sebagai  bahan penciptaan Muhammad saw.

Adapun dari segi risalah dan hidayat-Nya, maka beliau adalah cahaya  Allah  dan  pelita  yang  amat   terang.   Al-Qur'an menyatakan hal itu dan berbicara kepada Nabi saw.:
"Wahai Nabi sesungguhnya Kami mengutusmu untuk menjadi saksi dan pembawa kabar gembira serta  pemberi  peringatan.  Untuk menjadi  penyeru  pada agama Allah dengan izin-Nya dan untuk menjadi cahaya yang menerangi."(Q.s. Al-Ahzab: 45-6).

Allah swt. berfirman yang ditujukan kepada Ahlulkitab:

"... Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya  dari  Allah, dan Kitab yang menerangkan." (Q.s. Al-Maidah: 15).

"Cahaya"  dalam  ayat itu adalah Rasulullah saw, sebagaimana Al-Qur'an yang diturunkan kepada beliau adalah juga cahaya.

 Allah swt. berfirman:
"Maka berimanlah  kamu  kepada  Allah  dan  Rasul-Nya  serta cahanya   (Al-Qur  an)  yang  telah  Kami  turunkan."  (Q.s.At-Taghaabun: 8).

"...  dan  telah  Kami  turunkan  kepada  kamu  cahaya  yang terangbenderang." (Q.s. An-Nisa': 174).

Allah telah menentukan tugasnya dengan firman-Nya:

"...  Supaya kamu mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya terang-benderang..." (Q.s. Ibrahim: 1).

Doa Nabi saw.:

"Ya Allah, berilah aku cahaya di dalam  hatiku  berilah  aku cahaya  dalam  pendengaranku  dan  berilah  aku cahaya dalam penglihatanku berilah aku cahaya dalam rambutku berilah  aku cahaya   di  sebelah  kanan  dan  kiriku  di  depan  dan  di belakangku." (H.r. Muttafaq Alaih)

Maka, beliau adalah Nabi pembawa cahaya  dan  Rasul  pembawa hidayat.  Semoga  Allah  menjadikan kita sebagai orang-orang yang mengikuti petunjuk cahaya dan Sunnahnya. Amin.



Yusuf Qordhowi: Fatwa AlQordhowi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar