Jumat, 20 Januari 2012

HAMKA: Saya Baru Dapat Menerimanya Kalau Islam Ini Saya Tinggalkan


Pendapat Buya Hamka Tentang Materi Deklarasi Umum HAM
 
Setelah membaca pasal-pasal dalam DUHAM, Hamka sampai pada kesimpulan bahwa semua pasal itu enak buat dibaca, meskipun anggota-anggota PBB itu sendiri masih banyak yang belum menjalankannya.


"Tetapi ayat 1 dari pasal 16 dan pasal 18 tidak bisa saya terima,"
"Sebab apa saya tidak dapat menerimanya? Sebab saya orang Islam. Yang menyebabkan saya tidak dapat menerimanya ialah karena saya jadi orang Islam, bukanlah Islam statistic. Saya seorang Islam yang sadar, dan Islam saya pelajari dari sumbernya; al-Quran dan al-Hadits. Dan saya berpendapat bahwa saya baru dapat menerimanya kalau Islam ini saya tinggalkan, atau saya akui saja sebagai orang Islam, tetapi syariatnya tidak saya jalankan atau saya bekukan."


Baca selengkapnya di sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar