Minggu, 01 Juli 2012

TIPS MENGHAFAL AL-QUR’AN


Oleh : Syaikh Wahid Abdussalam Bali

Bagaimana cara mengafal Al-Qur’an?
Caranya sangat sederhana.
Bisakah anda sisihkan waktu 15 menit saja dalam sehari?
Ya saya mau cukup 15 menit saja, 15 menit dari waktu anda setiap harinya.15 menit dari waktumu setiap hari, dan insya Allah  anda dapat menghafal Al-Qur’an dengan sempurna. Saya katakan apa, sempurna!
Maaf, sebelum saya sampaikan kepada anda bagaimana mengahafal Al-Qur’an, dengarkanlah bersama saya kisah ini:

Di desa kami ada beberapa Akhwat di mesjid (khusus wanita)  mereka mengumpulkan wanita lanjut usia. Umurnya sekitar 50-60 tahun yang tidak bisa baca & tulis. Hafalan mereka kisaran Al-Falaq & An-Nas.Yakni beberapa surah saja, agar shalat mereka sah. Dan hafalan awal mereka surat Al-Fatihah & surat al-Mu’awidzat, surat-surat pendek dan hafalan bertasyahud.Maka mulailah para ibu-ibu datang dan mulailah ukhti tadi membaca Al-Fatihan dan para ibu-ibu mengikuti bacaannya dengan diulang-ulang sampai ibu-ibu tadi hafal Al-Fatihah dengan baik, lalu Mu’awidzat.Lalu menghafal tasyahud, lalu menghafal surat-surat pendek dengan mengikuti guru berulang-ulang.

Andapun dapat melakukannya di rumah, ambil kaset Al-Hushairy dalam kaset mushhab mu’alim, stel di tape. Ketika qori membaca anda dapat ikuti bacaanya dan diulang-ulang. Dan sekarang ada program komputer dalam bentuk CD namanya mushhab mu’alim. Bacaannya dapat diulang 9 kali, dan anda terus ikuti bacaannya berulang-ulang sampai hafal, oke …..

Akhwat tadi, mereka tidak mempunyai komputer. Akhwat mulai membaca dan mengajarkan ibu-ibu tadi, hanya sekali dalam seminggu, khusus wanita, mereka menghafal surat-surat pendek. Akhwat tadi bertanya kepada ibu-ibu: hafalannaya di tambah ya?
Ibu-ibu menyahut: ya …tambahkan saja hafalannya!
 

Hafalan mereka terus menerus bertambah, sehingga hafal JUZ AMMA seluruhnya, sehingga merasakan nikmatnya iman dan lezatnya Al-Qur’an. Mereka juga hafal JUZ TABAROK. Mereka memuli JUZ TABAROK 5 ayat 5 ayat atau 3 ayat 3 ayat, dan hafal seluruhnya JUZ TABAROK. Mereka juga hafal JUZ QOD SAMI’A.
Lalu kamipun mulai mengadakan perlombaan buat mereka dan mulailah para wanita itu menghafal Al-Qur’an. Anda tahukan ibu-ibu itu tidak bisa baca dan dan tidak bisa tulis?
Pemenang yang kami beri hadiah, berapa JUZ ia hafal?
Berapa yang anda kira?
Dia hafal 28 JUZ, ia berumur 62 tahun, ia tidak bisa baca dan tidak bisa tulis. Ia menghafal dengan cara mendengar dari rekaman (kaset) dan dari guru perempuannya yang memudahkannya, dan hafal dengan baik. Lalu setelahnya berumur 50 tahun ada yang 18 JUZ, 15 JUZ, 14 JUZ dan 28 JUZ, ibu-ibu tua yang tidak bisa baca dan tidak bisa tulis.

LALU ANDA YA USTADZ, BASYA, DOKTOR, BERAPA JUZ YANG ANDA HAFAL? ATAU ANDA HANYA MENGHAFAL SURAT PENDEK SAJA?

Bukan merupakan ‘aib anda wahai doktor, untuk memulai menghafal 1 JUZ, kemudian 2 JUZ, saya demi Allah   … bersama anda tadi (ta’jub) melihat/mendengar kisah tadi … sungguh!

Kenapa?

Saya hanya katakan kepada anda 15 menit, seperempat jam tiap harinya…. 10 menit tiap hari …anda menghafal 3 ayat: 

عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ (1)  عَنِ النَّبَإِ الْعَظِيمِ (2) الَّذِي هُمْ فِيهِ مُخْتَلِفُونَ (3)

Anda siap hafalkan hari ini? Tidak sulit bukan?
Lanjut ……
******

Tips Menghafal Al-Qur’an
1. Niat Ikhlas Karena Allah
2.  Menghafal dari satu cetakan mushaf
3.  Menhafal dengan talaqqi dari qori yang ahli
4. Menghafal setelah fajr (subuh)
5. Meminimkan yang dihafal
6. Membacanya hafalan disetiap kali sholat
7. Muroja’ah (mengulang)
8. Luangkan waktu sepekan untuk mengulang setelah satu JUZ
9. Jika sudah hafal 1 JUZ, mengulang ¼ hafalan yang lalu ditambah 3 ayat baru
10. Kurangi makan, kurangi berbicara dan kurangi tidur
11. Berdoa


1. Niat Ikhlas Karena Allah
Untuk apa anda menghafal Al-Qur’an ? Menghafal Al-Qur’an hanya untuk Allah  Agar masuk syurga, agar menjadi orang yang dicintai Allah  dan orang-orang yang dipilih-Nya, agar Al-Qur’an dapat menaungi Anda pada hari kiamat, tujuan utama mengikhlaskan diri kepada Allah .

2.  Menghafal dari satu cetakan mushaf
Jangan Anda menghafal satu surat dengan cetakan yang berbeda. Sehingga hafalan Anda bergantung pada banyak cetakan Anda bisa menggunakan cetakan Malik Fahd atau cetakan Madinah Munawwarah

3.  Menghafal dengan talaqqi dari qori yang ahli
Menyetor dihadapan qori yang mahir atau siapapun yang Anda jumpai, Imam Masjid, teman kerja bisa, katakan: tolong dengarkan bacaannya saya, atau siapun yang anda jumpai di masjid katakan: tolong dengarkan bacaan saya
3 ayat saja, dan anda tidak akan merasa berat dan keberatan, demi Allah  anda tidak.
Demi Allah  anda akan merasan nikmatnya Al-Qur’an  dan dengan Al-Qur’an  anda akan semakin dekat kepada Allah  swt tidak perlu menyetor kepada doktor atau majister Al-Qur’an  hanya butuh kaidah dalam membaca. Anda cukup pelajari tajwid tidak akan sulit sama sekali, tidak akan ada kesulitan. Misalnya satu JUZ anda baca sendiri dengan komputer dengan qori yang anda inginkan seperti Al-Minsywawi, Abdul Bashit, Sudais, Ghomidi, Musyari Rosyid dll. Kemudian anda baca setelahnya dan ikuti bacaan mereka ikuti supaya anda dapat mengucapkan huruf2nya dengan benar. Oke!

4. Menghafal setelah fajr (subuh)
Kenapa saya katakan menghafal setelah fajr? Karena waktu fajr adalah waktu yang baik dan penuh berkah. Dan Nabi Muhammad saw, berdoa untuk mereka yang mengerjakan sesuatu diwaktu fajar agar Allah  melimpahkan berkah kepada mereka beliau berdoa: Ya Allah  limpahkanlah berkah untuk umatku pada waktu paginya. Setelah fajar anda hafalkan 5 ayat. Mulailah!

5. Meminimalkan yang dihafal
Saya tidak katakan bahwa setiap harinya harus menghafal seperempat (hal/JUZ), tidak karena nanti setan membisikkan: ayo hafalkan ¼ (hal/JUZ) atau 2 ¼ dan ketika sudah menyelesaikan 1 JUZ anda lupa sepertiga dari hafalan anda, jangan, perbuatan yang sedikit tapi berkesinambungan lebih baik dari pada banyak namun akhirnya terputus. Bagaimana??? Lanjut oke!

6. Membacanya hafalan disetiap kali sholat
Meminimkan hafalan dan mengulanginya 5 kali dalan sholat. Tidak apa2 misalnya anda menghafal 3 ayat sehari oke kemudian anda ulangi hafalan anda ketika shalat duha, shalat subuh, shalat sunnah shubuh, shalat  dzuhur, shalat sunah dzuhur, shalat  ‘Ashar, shalat sunnah ‘Ashar, shalat  Mahgrib, shalat sunah maghrib, shalat isya dan sholat sunnah isya. Saya kira bukanlah hal yang sulit hanya 3 ayat oke.
Hari selanjutnya anda tambah hafalan lagi 3 ayat, setelah anda hafal anda ulangi hafalan anda didalam sholat menghafal cukup dengan tujuh menit akan tetapi anda dapat mengulang-ulangnya dalam shalat anda. Ketika anda berjalan kemasjid anda dapat mengulang-ulang hafalan anda, pulang dari masjid pun anda dapat mengulangi hafalan anda. Pulang pergi ke madjid mungkin anda dapat mengulangi lima kali ataupun 15 kali saya kira hafalan anda akan kuaat dan sempurna. Hari jumat anda mengulangi hafalan anda yang telah anda hafal selama satu ahad. Coba perhatikan, hari sabtu anda telah hafal 3 ayat.. eh sekarang hari rabu anda insya Allah  mulai kamis pagi besok oke, anda hafalkan hari kamis 3 ayat oke dan anda baca hafalan anda pada shalat lima waktu, hari jumatnya anda hafalkan lagi 3 ayat selanjutnya, hari kamis 3 ayat hari jumat 3 ayat kemudian anda setorkan hafalan anda sebanyak 6 ayat. Hari sabtunya setoran hafalan anda menjadi 9 ayat, hari ahad menjadi 12 ayat dst. Setiap hari anda menghafal 3 ayat dan mengulangi hafalan anda yang lain. Dan usahakan anda banyak membaca hafalan anda itu didalam sholat. Setelah isya anda sholat sunnah 2 rakaat dengan membaca seluruh yang telah anda hafal lanjut (faham)?
Oke silahkan anda coba cara ini selama satu minggu setelah itu silahkan anda hubungi saya dan beritahu hasilnya insya Allah .

7. Muroja’ah (mengulang)
Mengulang hafalan yang telah lalu dan mengulangi hafalan tersebut pada sholat sunnah 2 rakaat setelah isya.

8. Luangkan waktu sepekan untuk mengulang setelah satu JUZ
Apabila Allah  memuliakan anda dengan menghafal Al-Qur’an  1 JUZ dengan sempurna maka anda berhenti menambah hafalan anda selama sepekan penuh, anda menghafal JUZ AMMA contohnya, anda jangan menambah hafalan baru tapi dalan sepekan setiap hari anda mengulangi JUZ AMMA 2 kali terus setiap hari dua kali supaya hafalan anda sempurna, terus dengan perhalan. Setan membisikkan di telinga anda : wah anda telah menghafal JUZ amma ayo cepat segera anda hafalkan JUZ TABAROK dan JUZ QOD SAMI’A ayo cepat...”tidak tidak” anda harus menghafal perlahan lahan ya sedikit demi sedikit kalau tidak bisa jadi selama 10 tahun anda tidak akan hafal apapun. Oke selama sepekan penuh anda mengulangi 1 JUZ yang telah anda hafal lanjut (faham)? 

9. Jika sudah hafal 1 JUZ, mengulang ¼ hafalan yang lalu ditambah 3 ayat baru
Apabila Allah  memuliakan anda dengan menghafal satu JUZ maka anda setiap hari anda menambah hafalan 3 ayat dan mengulangi seperempat hafalan hafalan anda yang lalu, setiap hari tambah 3 ayat dan mengulangi seperempat dari hafalan yang lalu…  lanjut (faham)? Coba perhatikan, apabila Allah  memuliakan anda dengan menghafal 2 JUZ maka yang harus anda ulangi adalah 2 perempat dari hafalan anda ditambah 3 ayat hafalan baru begitulah seterusnya dan anda baca apa yang telah anda hafal dalam dua rakaat shalat sunnah setelah isya.

10. Kurangi makan, kurangi berbicara dan kurangi tidur
Coba perhatikan, ini penting sekali anda masih bersama saya? Dengarkanlah: setelah anda menghafal Al-Qur’an  amaka anda harus meminimalisir 3 hal: 1. Meminimalisir makan 2. Ucapan 3. Tidur, oke kenapa? Karena apabila anda meminimalisir makan. saat anda mengurangi makan, anda menghafal dapat di sesuaikan, mengurangi makan, pembicaraan tidur. Pembicaraan dikurangi, waktu tidur dijadwal begitu juga waktu makan, kalau tidak akan bermasalah bagus

11. Berdoa
Terakhir semoga Allah  memudahkan anda menghafal Al-Qur’an
Berdoa Allah  akan memberkahi anda yang menghafal Al-Qur’an  karena anda tidak akan bisa menghafal Al-Qur’an  kecuali dengan taufiq Allah  (pertolongan/anugrah Allah ).


3 komentar:

  1. Winter Classic Titanium Flask Flask - ITANIAN ART
    Winter Classic Titanium Flask - ITANIAN ART - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - stainless steel vs titanium apple watch - - - - - titanium solvent trap monocore - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - ford escape titanium - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - citizen eco drive titanium watch - micro hair trimmer - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    BalasHapus